LISTRIKTODAY – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengapresiasi langkah PLN bersiaga mengamankan pasokan listrik di wilayah terdampak banjir di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Menteri Arifin di Posko Siaga Banjir PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya), Minggu (21/2).

Arifin mengatakan bahwa etos kerja PLN ini harus terus dipertahankan.

“PLN sudah sangat cepat dan tanggap bersiaga mengamankan pasokan listrik. Ini adalah etos kerja baik yang harus dipertahankan. Untuk beberapa wilayah yang memang masih mengalami banjir, PLN memadamkan pasokan listrik, itu tentu demi keselamatan masyarakat,” ucap Arifin di Kantor PLN UID Jaya.

Menurutnya, PLN telah melakukan upaya semaksimal mungkin untuk menyalakan listrik di daerah yang terdampak banjir.

Dari hasil pantauan total sebanyak 2.937 gardu terdampak banjir di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Hingga Minggu (21/2) sore pukul 18.00 WIB, PLN telah memulihkan 2.146 gardu listrik. Total 554 ribu pelanggan yang sebelumnya terdampak banjir kini bisa menikmati aliran listrik PLN kembali.

Baca Juga :  Kenapa PLTU Batubara Modern Ramah Lingkungan? Ini Sebabnya

Dalam siaga banjir kali ini, PLN menyiagakan 6.700 personil kelistrikan, 51 perahu karet, 135 genset, 144 unit gardu bergerak, 24 unit trafo bergerak, dan 808 kendaraan operasional lainnya yang tersebar di 113 posko siaga.

Sebelum menyalakan aliran listrik, PLN perlu memastikan bahwa gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan aman. PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir.

PLN akan melakukan pemulihan listrik di lokasi terdampak banjir apabila semua jaringan listrik baik di sisi warga maupun PLN sudah dalam kondisi kering dan siap dialiri listrik, serta kedua belah pihak yaitu PLN dan Tokoh Masyarakat menandatangani berita acara penyalaan listrik.

“Untuk pasokan tidak ada masalah. Petugas kami terus bersiaga untuk memantau kondisi di wilayah pelanggan untuk mengamankan kelistrikan dan melakukan pemulihan,” jelas Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.

PLN terus memantau perkembangan situasi di lokasi-lokasi yang terdampak maupun berpotensi banjir untuk secara sigap mengambil langkah. PLN juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk hal tersebut.

Baca Juga :  PLN Pulihkan Gangguan Penyaluran Pasokan Listrik di Jakarta