LISTRIK TODAY – Banjir mengepung Jakarta, akibatnya banyak lokasi yang listriknya terpaksa dipadamkan. Sebab dalam kondisi banjir, listrik yang masih menyala berpotensi membahayakan warga. Tercatat hingga Minggu 21 Ferbruari 2021, beberapa wilayah masih tergenang air. Tinggi genangan memang telah mengalami penurunan, namun di daerah yang rendah dan dekat dengan sungai masih kebanjiran.

Para petugas PLN diterjunkan ke lokasi banjir. Mereka terus memantau situasi dan memastikan arus listrik telah dimatikan. Banjir di Jakarta belum menunjukkan tanda-tanda segera surut. Sementara itu prakiraan cuaca dari BMKG menyebutkan, hujan masih akan turun hingga esok hari (22/2/2021). Itu artinya, potensi genangan akan kembali meluas di Jakarta.

Sejak banjir melanda Jakarta, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyiagakan 2.371 petugas untuk menjaga pasokan listrik di wilayah terdampak banjir. Para petugas bekerja siang-malam untuk memastikan semuanya berjalan seperti yang telah diharapkan. Jangan sampai ada korban akibat tersengat listrik. Karena banjir saja sudah membuat mereka berduka.

Baca Juga :  Agar Sumba nan Indah Tak Lagi ‘Susah Sinyal’

“Untuk saat ini, PLN tetap siagakan 72 posko yang tersebar di wilayah Jakarta, 2.371 personel serta menyiapkan 103 genset, 20 UPS, 99 unit gardu bergerak, 12 unit kendaraan deteksi dan 700 unit kendaraan operasional pada kondisi siaga ini,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan, dalam keterangan pers di Jakarta, Sabtu 20 Februari 2021.

Para petugas PLN terus memantau kondisi di lapangan dalam posko-posko yang telah disediakan. Mereka tidak hanya memantau dari kejauhan, tapi terjun langsung menjejakkan kakinya ke daerah yang tergenang untuk memastikan semua aliran listrik telah dimatikan. PLN juga mengimbau pada masyarakat untuk mengamankan peralatan elektronik ke tempat yang aman.

Selain itu PLN juga menyalurkan bantuan kemanusiaan. Misalnya pada Sabtu 20 Februari 2021 Tim Relawan PLN Peduli berpusat di PLN Bulungan memberikan bantuan kepada korban banjir Jakarta. Bantuan yang diberikan berupa kebutuhan logistik, masker, kebutuhan mendesak lainnya. Para petugas juga membantu mengevakuasi korban banjir dengan menggunakan perahu karet.

Baca Juga :  Tingkat Kupon Global Bond Terendah, PLN Dapat Penghargaan dari The Asset Asian Awards

Para petugas PLN yang terjun di lapangan tidak hanya melakukan tugas mereka sebagai mestinya, mereka turut menolong sesama. Mereka bekerja dengan hati, berupaya semaksimal mungkin meringankan saudara sebangsa mereka yang sedang terkena bencana. Sebab banjir adalah tanggung jawab bersama, musibah yang harus diatasi segera. Meski dengan begitu mereka harus jauh dari keluarga dan siap menghadapi bahaya.