LISTRIKTODAY – Jangan anggap sepele masalah listrik saat terjadi banjir, karena bisa menyengat melalui air bisa membahayakan Anda.

Untuk menghindari risiko bahaya kelistrikan, PLN melakukan sejumlah langkah cepat.

Salah satunya dengan melakukan penghentian aliran listrik sementara demi keselamatan jiwa warga.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, pada Jumat (19/2/2021), sebanyak tujuh gardu listrik, tujuh jurusan jaringan tegangan rendah dan total 2.667 pelanggan terdampak.

General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan mengimbau agar masyarakat yang terdampak banjir mematikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB), mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, menaikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman.

Doddy mengatakan ada beberapa hal yang memaksa PLN untuk memadamkan listrik, seperti jika gardu distribusi terendam, rumah pelanggan terendam, rumah pelanggan dan gardu distribusi terendam, atau jika Gardu Induk terendam.

“Hal ini kami lakukan demi keselamatan masyarakat bersama. Kami pun terus berkoordinasi dengan instansi terkait dalam langkah-langkah mitigasi pada musim hujan ini,” ujar Doddy dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/2).